mesin crusher 2

Secara umum, mesin stone crusher bermanfaat untuk memecahkan segala jenis bebatuan. Berbagai bidang pekerjaan memanfaatkan mesin ini untuk mendukung kinerja mereka.

mengenal mesin crusher

Contohnya dalam pembangunan jalan, rumah, gedung, dan juga jembatan. Mesin pemecah batu dipakai untuk menyediakan material berupa bebatuan kecil. Bukan hanya itu, mesin penghancur batu ini juga digunakan dalam dunia pertambangan dan industri.

Untuk bisa bekerja, mesin ini memakai motor listrik bertegangan tinggi. Biasanya dibangkitkan oleh genset maupun listrik PLN. Tergantung pada lokasi pemecahan batu dilakukan.

Berikut ini beberapa macam jenis mesin penghancur batu yang banyak digunakan. Masing-masing memiliki peran dan keunikan yang berbeda.

Macam-macam Mesin Stone Crusher

 

1.Mesin Jaw Crusher

Mesin pemecah batu ini paling banyak dipakai di lokasi pertambangan. Bodi dan mesinnya yang tangguh mampu menghancurkan batu kali, batu besi dan berbagai mineral alam lainnya.

Sebelum mesin dinyalakan, perlu mensortir batu terlebih dahulu. Setelah itu barulah batu masuk ke mesin yang memiliki penggiling khusus. Setelah beberapa saat, maka batu sudah terpecah.

2.Mesin Impact Crusher

Mesin stone crusher yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah dengan sistem rotary-nya. Mesin ini bisa menghancurkan berbagai batu seperti batu gunung dan batu kali. Karenanya, impact crusher banyak dipakai untuk pembuatan paving block.

Ukuran batu yang dipecah dalam mesin bisa bervariasi sesuai kebutuhan. Ada yang memiliki ukuran 8 cm, 6 cm, da nada yang 2 cm.

mesin crusher 2

3.Mesin Hammer Mill

Mesin Hammer Mill memiliki sistem pukul rotary dengan rpm yang tinggi. Kinerja mesin ini mampu menghancurkan batu hingga menjadi pasir halus dan tepung kapur.

Jenis mesin ini banyak diaplikasikan pada industri penepungan beberapa batu, seperti batu kali dan batu kapur.

4. Mesin cone crusher

Berbeda dengan mesin penghancur batu lainnya, cone crusher merupakan mesin customize. Jenis batu yang dihancurkan berukuran 5 hingga 10 cm. Hasilnya batu akan menjadi lebih kecil dan bentuknya berupa cubical.

Cone crusher di desain dengan mesin yang kuat dan tenaga yang besar. Bahan pembuatannya juga berkualitas hingga sangat tangguh untuk dipakai dalam banyak industri.

5. Mesin Hammer Roller Mill

Mesin yang satu ini cukup istimewa karena mampu menghancurkan bebatuan paling keras. Misalnya batu tembaga dan emas yang ada di lokasi pertambangan. Tingkat kehalusannya tinggi, yaitu 200 hingga 300 mesh.

Beberapa mesin didesain sedemikian rupa hingga bisa membuat batu yang amat keras menjadi tepung. Jadi fungsinya bukan hanya memecah batu saja. Aplikasinya dipakai dalam industri pembuatan tepung batu kali. Digunakan pula dalam membuat tepung batu kapur dan penepung batu emas.

Demikian 5 macam mesin stone crusher yang sering ditemui dan digunakan dalam industri. Masing-masing memiliki keistimewaan dan spesifikasi tersendiri. Itulah mengapa di setiap industri akan membutuhkan mesin penghancur batu yang berbeda sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Mesin stone Crusher

Untuk ukuran dan spesifikasi Mesin stone Crusher juga berbeda. Ada yang ukuran besar dan ada pula yang kecil. Beberapa mesin penghancur batu disertai pula dengan roda penggerak hingga memungkinkan untuk berpindah dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara memilih mesin pengancur batu yang tepat? Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan industri atau proyek yang dikerjakan. Jumlah tenaga kerja juga penting untuk diperhatikan. Untuk jenis mesin penghancur batu, ada yang butuh 3 hingga 5 operator.