Meningkatkan Keamanan Website Dengan Plugin

Faktanya, website menjadi sasaran empuk bagi peretas. Hampir tiap menitnya seorang hacker melancarkan aksinya. Untuk itulah, Anda disarankan untuk terus meningkatkan keamanan website.

Keamanan yang terjaga akan menghindarkan Anda dari pencurian data personal, pencurian uang transaksi dan lain sebagainya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah menginstall SSL pada website.

Jika Anda sudah melakukannya, perkuat sistem keamanannya dengan memanfaatkan plugin. Di antara plugin yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Keamanan Website Dengan Bantuan Plugin iThemes Security

Perlu diketahui bahwa jasa pembuatan website biasanya hanya membantu dalam pembuatan situs dan mendesainnya. Sisanya, penyedia akan menyerahkan urusannya pada pemilik situs.

Wordfence Security

Ibarat sebuah rumah, jika tidak dibekali kunci keamanan yang baik akan percuma saja. Ada celah yang bisa dimanfaatkan orang lain untuk masuk.

Begitu pula dengan situs. Celah yang terbuka akan menjadi tempat yang bisa digunakan untuk melancarkan aksi kurang terpujinya. Untuk itulah, Anda diharapkan untuk melengkapi situs dengan kunci keamanan.

Selain menggunakan SSL maupun mengatur password yang kuat, Anda juga membutuhkan plugin keamanan. Salah satunya adalah plugin iThemes Security.

Plugin ini membantu pemilik situs untuk memeriksa beberapa hal. Di antaranya adalah kekuatan password, up to date atau tidaknya sebuah software sampai mendeteksi berbagai plugin yang berbahaya dalam sebuah situs.

Wordfence Security

Plugin ini juga memiliki kelebihan dalam meningkatkan keamanan website. Plugin ini telah diunduh 2 juta kali oleh pengguna. Dengan kata lain, ada tingkat kepercayaan tinggi terkait penggunaannya.

SecuPress Free

Ketika Anda memasangnya dalam sebuah situs, Anda akan memperoleh gambaran tentang kesehatan situs. Hal ini dikarenakan plugin menyediakan fitur monitoring secara real time, serta memiliki kemampuan scan pugin.

Menariknya lagi, plugin tersebut sudah didukung dengan firewall. Firewall sendiri menjadi aplikasi yang populer dalam memblokir setiap serangan peretas.

Cara kerjanya ialah dengan membaca setiap bit data yang lewat. Ketika dinilai berbahaya, aplikasi ini akan langsung melakukan pemblokiran. Pemblokiran IP address ini memungkinkan situs Anda terjaga dari masuknya spammer ataupun hacker yang sedang mencari celah di tiap waktu.

SecuPress Free

Plugin terakhir yang bisa Anda manfaatkan setelah website berhasil dibuat oleh jasa pembuatan website terpercaya ialah SecuPress Free. Plugin ini tersedia dalam versi gratisan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mengamankan situs.

Plugin ini memberikan Anda kesempatan dalam memblokir serangan peretas. Fitur yang ada dalam plugin meliputi scan malware, anti brute force login serta blokir IP.

Sebenarnya, masih banyak lagi fitur yang tersemat di dalamnya. Anda hanya perlu memanfaatkannya untuk menjaga keamanan situs.

Selain menggunakan plugin, usahakan untuk terus memeriksa website. Caranya dengan rajin melakukan pembaharuan ketika tersedia update, batasi percobaan login dan lain sebagainya.

Yang paling penting, gunakan layanan hosting yang terbaik. Provider yang terbaik akan membantu Anda dalam menjaga website. Biasanya ini ditandai dengan kemapanannya serta memiliki tingkat keamanan ekstra.

Teknologi keamanan yang menentukan pada bagusnya layanan hosting adalah Imunify360. Teknologi ini menjadikan website lebih aman dari malware, virus sampai serangan hacker. Setidaknya, keamanan situs Anda dipantau oleh penyedia hosting.

Jika penyedianya tidak memiliki tingkat keamanan ekstra, Anda bisa beralih ke layanan lainnya. Temukan yang terbaik dan migrasikan untuk mendapatkan pengamanan yang lebih baik. Karena sebagus apapun plugin yang digunakan, jika hostingnya bermasalah akan membuat situs berisiko diretas.

Itulah sekilas informasi yang bisa disampaikan di sini. Intinya, gunakan hosting yang terbaik dan pasang plugin keamanan. Itu sudah cukup untuk meningkatkan keamanan website.